BEM KBM Unpak Bersama Himpunan Mahasiswa Biologi Helianthus Melaksanakan Kegiatan Penanaman Pohon Dalam Rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia


Peringatan Hari Lingkungan Hidup

Bogor, 5 Juni 2022 – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa (BEM KBM) Universitas Pakuan melakukan penanaman bibit pohon di lingkungan Universitas Pakuan bersama dengan Himpunan Mahasiswa Biologi Helianthus. Penanaman pohon dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang telah ditetapkan setiap tanggal 5 Juni 2022.

Maraknya permasalahan deforestasi dan perubahan iklim yang semakin ekstrem dapat diatasi dengan mengambil tindakan penjagaan lingkungan, salah satunya penanaman pohon kembali. Penanaman pohon dapat memperpanjang nafas setiap insan di bumi. Selogan “Only One Earth” seyogyanya membuat kita sadar untuk selalu menjaga bumi yang hanya satu ini.

“Fungsi dan manfaat pohon ini sangat urgent dan vital bagi keberlangsungan makhluk hidup di muka bumi ini. Oleh karena itu, momentum peringatan Hari Lingkugan Hidup ini perlu kita maknai dengan menjadi pelopor dan memberikan keteladanan untuk melaksanakan gerakan menanam pohom supaya membudaya dalam kehidupan masyarakat kita. Minimal kita realisasikan dulu di dalam lingkungan kampus. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi simbol perlawanan serta sebagai bentuk kritik kepada pemerintah terhadap permasalahan populasi, ancaman krisis iklim, kerusakan ekologis, hingga deforestasi besar-besaran yang belum selesai,” jelas Arif Bustanudin Aziz selaku Presiden Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Pakuan.

Kegiatan penanaman pohon akan dilanjutkan dengan penamaan 36 jenis pohon yang ada di lingkungan Universitas Pakuan berserta penjelasan manfaatnya. Penamaan pohon dilakukan sebagai bentuk edukasi kepada seluruh mahasiswa, dalam rangka menjalankan fungsi sebagai akademisi. Mari saling menjaga lingkungan hidup di sekitar kita demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet bumi. BEM KBM Universitas Pakuan mewakili Keluarga Besar Mahasiswa Universitas mengucapkan Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia!!!

***